PattimuraKu

Universitas pattimura,, si biru yang menantang….

Universitas PATIMURA merupakan salah satu Universitas negeri   yang terkemuka di Kota Ambon (narsis eee). Didirikan pada tanggal 23 April 1963 dengan surat keputusan Presiden RI Nomor 66. Nama Pattimura diambil dari salah satu pahlawan nasional yang berasal dari Maluku yang berjuang melawan penjajah.

Universitas Pattimura terletak dibagian Utara kota Ambon, ibukota provinsi Maluku, tepatnya di desa poka. Kampus ini dikalangan mahasiswa serta pegawainya dikenal dengan nama kampus poka. Kampus poka, kampus dengan luas 75 hektar ini merupakan kebanggan rakyat Maluku dan telah  menghasilkan lulusan dari berbagai bidang ilmu.

Bila di flash back  kebelakang pastinya.., universitas pattimura bermula pada saat beberapa tokoh masyarakat mengambil prakarsa untuk mendirikan suatu lembaga pendidikan tinggi di Maluku yang dimulai oleh seorang tokoh pendidikan, yaitu Dr. J. B. Sitanala (almarhum). Beliau seorang dokter, salah seorang tokoh Maluku yang berjasa dalam bidang kemasyarakatan pada umumnya dan bidang pendidikan pada khususnya. Prakarsa diambil untuk mewujudkan aspirasi masyarakat Maluku yang berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan Negara terutama dalam bidang pendidikantinggi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dalam mewujudkan cita-cita yang luhur tersebut, di bentuklah suatu yayasan perguruan tinggi Maluku Irian Barat pada tanggal 20 Juli 1955 yang diketuai oleh Bapak Cornelis Loppies.

Pada tanggal 3 Oktober 1956, Yayasan tersebut berhasil mendirikan fakultas hokum, yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari kelahiran Universitas Pattimura. Selanjutnya, berturut-turut didirikan fakultas social dan politik pada tanggal 6 Oktober 1959 dan tanggal 10 September 1961 dibuka fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan.

Untuk menjadi sebuah Universitas negeri, syaratnya harus ada sekurang-kurangnya dua fakultas eksakta. Itulah sebabnya pemerintah provinsi memutuskan membuka dua fakultas eksakta, masing-masing fakultas Pertanian Kehutanan dan Peternakan yang diresmikan pada tanggal 1 September 1963. Dengan bertambahnya dua Fakultas Eksakta tersebut, maka pada tanggal 1 Agustus 1962 Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat diresmikan menjadi Universitas Negeri dengan Surat keputusan Menteri PTIP Nomor 99 tahun 1962, tanggal 8 Agustus 1962 yang meliputi lima fakultas, yakni fakultas hukum, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, fakultas social politik , fkultas pertanian kehutanan, dan fakultas peternakan. Kemudian dengan surat Keputusan Presiden Nomor 66 tahun 1963, tanggal 23 April 1963 mengesahkan pendirian Universitas di Ambon dan diberi nama Universitas PATTIMURA .

Berbicara sebuah Universitas, tentunya memiliki symbol yang melambangkan jati diri dari Universitas tersebut. Begitupun dengan Universitas PATTIMURA  memilki symbol yang terurai sebagai berikut. Dasar lambang ialah perisai bersegi lima yang menggambarkan pertahanan serta jiwa pancasila sebagai landasan dan jiwa dan segala bentuk perjuagan serta dharma bhakti. Obor PATTIMURA , pahlawan nasional yang berasal dari Maluku dengan lidah nyala obor bercabang tiga melambangkan tri dharma perguruan tinggi. Bunga teratai melambangkan ilmu pengetahuan dan kearifan. Mutiara melambangkan ketabahan dalam menuntut Ilmu dan ketabahan dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Tiga butir mutiara serta kesepuluh dasar mahkota dan kelopak daun teratai menggambarkan hari lahnya Universitas PATTIMURA. Warna putih melambangkan kesucian, kuning melambangkan ketekunan, dan merah melambangkan keberanian, moto dari Universitas PATTIMURA “HOTUMESE”.

Hotumese “berkembang dalam tantangan”, moto ini merupakan implementasi dari mahasiswa-mahasiswa yang setiap harinya berkecimpun dalam perkuliahan di kampus dan menjadi motivasi eksternal bagi pergerakan mahasiswa di kampus. So,, sobat…! Sudah siapkah anda berkembang dalam tantangan??  Aza azafigting!!!!!  Salam kenal untuk berjuang bersama kawan *_^

Tinggalkan komentar